Mengatasi Pesan Error Havij tabctl32.ocx


Havij adalah perangkat lunak yang membantu kita untuk mencari kelemahan sebuah website. Disisi lain Havij sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk keperluan keamanan website kita sendiri, kita bisa melakukan scaning, melakukan testing terhadap website yang kita miliki kemudian jika ditemukan bugs maka kita bisa langsung melakukan perbaikan.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk merasakan sensasi dari perangkat lunak tersebut. Pertama saya mendownloadnya dari website yang terpercaya, saya pikir havij itu adalah perangkat lunak yang bisa digunakan secara bebas namun ternyata itu tidak seperti yang saya bayangkan tapi meskipun demikian saya masih tetap bisa menggunakan havij dengan fasilitas terbatas. 


Baca juga : 
Cara Mengatasi Program Komputer Yang Sering Crash
Cara Mengatasi Photoshop Yang Sering Not Responding 

Saya tidak puas dengan itu oleh karena itu saya menghapus program tersebut dari komputer namun entah apa yang terjadi setelah program tersebut dihapus, saya menemukan masalah pada saat komputer saya melakukan start up. Saat memasuki windows saya merasa sedikit terganggu dengan tampilan aneh command prompt (cmd) secara cepat serta disusul dengan pesan “Component ‘tabctl32.ocx or one its dependencies not correctly registered” 
havij error

Saya tidak tahu bagimana cara mengatasi semua ini namun ada beberapa upaya yang saya lakukan dalam Mengatasi Pesan Error Havij tabctl32.ocx diantaranya :

1. Membersihkan registry windows
Saya hanya berfikir mungkin ini hanya masalah registry saja kemudian saya mencoba melakukan pembersihan registry dengan menggunakan bantuan ccleaner namun hasilnya nihil, windows saya masih memunculkan pesan error tersebut.

2. System Configuration


Karena cara pertama tidak membuahkan hasil maka saya mencoba mencari cara lain yaitu memeriksan sytem configuration. Untuk memeriksa system configuration. Klik run kemudian ketikan msconfig, disini saya melakukan pencarian di tab starup kemudian mencari beberapa program yang dicurigai dengan nama havij dan ternyata saya tidak menemukan apapun disana, tidak ada program dengan nama havij disana.

3. Cara Manual


Walaupun pesan error tersebut tidak mengganggu kinerja komputer namun tetap saja hal tersebut membuat saya menjadi kesal karena itu sangatlah menganggu. Saya berfikir untuk melakukan instalasi ulang dengan harapan komputer saya dapat kembali seperti semula. Rasanya tidak lucu jika hanya hanya ingin mengatasi pesan error musti melakukan install ulang maka dari itu saya mengurunkan nita saya tersebut.


Saat komputer melakukan startup, perhatikan tampilan yang mirip dengan cmd. Tampilan tersebut tampil secara cepat, kurang lebih 3 detik sehingga perlu berkonsentrasi agar dapat membacanya. Saya hanya memperhatikan bagian titlenya (atas cmd), disana saya melihat judul dari tampilan tersebut walaupun sedikit kurang jelas, kalau tidak salah yaitu app data roaming. Apapun itu, saya yakin file tersebut tersimpan di system oleh karena itu saya melakukan pencarian di windows dengan kata kunci “roaming”. 

folder roaming

Pilih opsi yang paling atas yaitu berada di c:\Ahmad Z.473/AppData atau c:\Nama komputermu/AppData danselanjutnya anda akan melihat folder – folder seperti folder yang ada di program files windows. Sebenarnya targetnya adalah havij yang ada dibagian paling bawah, disana terlihat lambang/icon wortel dengan nama vbc namun saya yakin tidak akan ada masalah apapun jika saya menghapus semua folder yang ada di c:\Ahmad Z.473/AppData. Selanjuntnya setelah melakukan penghapusan terhadap folder – folder tersebut. Setelah melakukan penghapusan terhadap folder / file yang dicurigai akhirnya komputer dengan os windows7 saya kembali seperti semula, tidak ada pesan error dan tampilan aneh lagi di windows saya. 

mencari folder havij

Saya tidak bisa menjelaskan ini semua secara ilmiah karena takut salah namun saya yakin folder – folder yang tersimpan di dalam folder roaming itu adalah semacam history atau mungkin adalah program – program yang pernah kita pakai/hapus (unsintal) sebelumnya

 

12 Responses to "Mengatasi Pesan Error Havij tabctl32.ocx"

  1. mungkin itu cache nya ya om hehe..

    belum ke uninstall total

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,, mungkin, soalnya beberapa plugins yang ada difirefox ikut terhapus setelah saya hapus folder - folder tersebut.... tapi untuk programnya enggak ke hapus.. :D

      Delete
  2. wah susah juga ya mas kalau terjadi error getu. Harus hati-hati ya mas kalau pakai komputer/laptop supaya tidak terjadi kayak getu, soalnya benerin nya agak sulit hehehe :D

    ReplyDelete
  3. Wah pengalaman yg di alamin bisa jadi buat pembelajaran nih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah heheh ,, lumayanlah. ada sedikit pembelajaran,,, tiap hari belajar dan terus belajar hahah

      Delete
  4. Wah artikelnya menarik banget nie mas dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru buat saya nie :)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. mas saya install havij, tapi gak bisa dibuka.. terus pas saya cari file.exe nya udah gak ada.. gimana tuh mas?

    ReplyDelete
  7. untuk folder Roaming ada beberapa yang terhidden, jadi pastikan hidden file ditampilkan

    ReplyDelete

Komentar yang Anda kirim akan terlebih dahulu di moderasi oleh Admin